Sistem Informasi Indikator Kepariwisataan Nasional Diharapkan Dapat Memudahkan Masyarakat
Tim Redaksi

Potret Kalteng 23 Nov 2022, 16:25:32 WIB Daerah
Sistem Informasi Indikator Kepariwisataan Nasional Diharapkan Dapat Memudahkan Masyarakat

Keterangan Gambar : foto bersama


Potretkalteng.com - Palangka Raya – Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Prov. Kalteng Ramlah A.S Pelu membuka Focus Group Discussion (FGD) Sistem Informasi Indikator Kepariwisataan Nasional (Sisparnas), bertempat di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Selasa (22/11/2022). FGD ini dilaksanakan secara hybrid yaitu daring dan luring.

Ramlah mengatakan FGD ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Bimbingan Teknis Sisparnas yang dilaksanakan pada 15 September 2022 lalu. “Sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah yaitu mewujudkan Kalimantan Tengah Maju, Mandiri, dan Adil untuk kesejahteraan segenap masyarakat menuju Kalteng BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dah Harmonis), selain beberapa sektor pembangunan yang menjadi prioritas di Provinsi Kalimantan Tengah, sektor pariwisata juga menjadi perhatian yang serius. Hal ini sejalan dengan sektor prioritas pembangunan nasional, Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo yang menempatkan sektor pariwisata sebagai sektor prioritas kedua pembangunan nasional di bawah pangan,” jelasnya.

Lebih lanjut Ramlah menambahkan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus terintegrasi dan terkolaborasi dengan Pemerintah daerah. Sisparnas merupakan platform data yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata RI, yang menyampaikan keberadaan objek wisata, atraksi dan ketersediaan infrastruktur pendukung dari seluruh regional di Indonesia.

Baca Lainnya :

“Sisparnas menggunakan inovasi teknologi big data dan pendekatan adaptif untuk memetakan, baik dari segi potensi maupun penguatan sektor pariwisata, menghasilkan informasi indikator kepariwisataan guna data dukung pengambilan kebijakan sebagai fasilitas pelayanan yang disediakan untuk pelaku pariwisata dan Pemerintah daerah,” ungkapnya.

Dengan memiliki Sisparnas yang akurat dan up to date, sambung Ramlah, diharapkan dapat memudahkan para pemangku kepentingan untuk menentukan arah pengembangan kepariwisataan di Kalteng.(red/rt)




+ Indexs Berita

Berita Utama

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment