Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana Kukuhkan FKUB Barsel Masa Bakti Tahun 2023-2028
Tim Redaksi

Potret Kalteng 20 Mei 2023, 20:06:41 WIB Daerah
Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana Kukuhkan FKUB Barsel Masa Bakti Tahun 2023-2028

Keterangan Gambar : Pj. Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana ketika mengukuhkan Pengusu FKUB Barsel


POTRETKALTENG.COM - BUNTOK -  Pj. Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), Lisda Arriyana mengukuhkan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Barse masa bakti 2023-2028, yang berlangsung di GPU Jaro Pirarahan, jalan Pelita Raya, Buntok, Sabtu (20/5/2023). 

Lisda selaku Pj. Bupati menuturkan, pengukuhan FKUB tersebut dilaksanakan sebagaimana ketentuan pasal 10 ayat 2 Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 8 dan 9, tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan FKUB, dan Pendirian Rumah Ibadat. 

"Sebab, dengan keberadaan agama dan kepercayaan yang ada di masyarakat kita, bukan saja menjadi potensi dan aset pembangunan, tapi juga mampu menjadi potensi menghancurkan pembangunan serta persatuan bangsa kita," tuturnya. 

Baca Lainnya :

Ibu Pembangunan Barsel ini menyampaikan, kepada seluruh lapisan masyarakat agar mengutamakan musyawarah dalam menjaga dan mempererat kerukunan umat beragama, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sebab FKUB merupakan forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah, baik Pusat maupun daerah untuk mengemban tugas secara bersama-sama, dalam rangka membangun, menjaga, memelihara dan memberdayakan umat beragama, sehingga terciptanya kerukunan umat beraga dan kesejahteraan bersama," ujar Lisda. 

Ia menerangkan, lembaga FKUB bukan lembaga sosial keagamaan dan bukan pula organisasi kemasyarakatan, seperti MUI, Muhammadiyah, NU, PHD, PHDI dan organisasi lainya, dimana ketentuan operasionalnya diatur dalam AD/ART masing-masing. 

"Berhimpunnya para tokoh dan pemuka agama dalam FKUB tersebut mempunyai arti tersendiri dan tentunya akan memenuhi harapan semua orang, yang senantiasa menginginkan rasa pengertian dan toleransi antar umat beragama secara bersama-sama"ungkapnya.

Lisda menambahkan, mengingat pembentukan FKUB tersebut merupakan suatu kebutuhan yang penting dan strategis, baik ditingkat lokal, terutama di Kabupaten Barsel dalam upaya pemberdayaan umat beragama dapat terlaksana dengan baik dan terhindar dari konflik. 

"FKUB ini merupakan forum koordinasi umat beragama yang didalam kepengurusannya adalah berbagai tokoh-tokoh lintas agama yang ada di Kabupaten Barsel, dengan harapan bisa merangkul, mempererat, membangun, menjaga, memelihara dan memberdayakan umat beragama, dalam rangka menjaga kerukunan dan kesejahteraan bersama"pungkasnya. 

"Untuk itu saya sangat berharap agar FKUB Kabupaten Barsel mampu memberikan masukan yang positif kepada pemerintah daerah supaya kita dapat terhindar dari berbagai konflik, sebab dengan  kondusifnya kehidupan masyarakat, maka pembangunan dan kemajuan daerah dapat kita capai dengan lebih cepat," ujar Lisda Arriyana. (Red)


Ijul







+ Indexs Berita

Berita Utama

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment